Sekilas tentang Joget DX 8: Fokus pada Pengalaman Pengguna dan Tata Kelola - Purwana Tekno, Software Engineer
    Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, Game, & Multimedia untuk Pemula...

Post Top Ad

Senin, 15 Agustus 2022

Sekilas tentang Joget DX 8: Fokus pada Pengalaman Pengguna dan Tata Kelola

Pengenalan Joget DX

Ketika Joget DX pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 menjelang peringatan 10 tahun proyek open source Joget, kami mengumumkan penggabungan teknologi terdepan termasuk Progressive Web Apps, manajemen kinerja aplikasi, kecerdasan buatan, dan dukungan Kubernetes cloud-native ke dalam semua- platform aplikasi tanpa kode/kode rendah dalam satu.

Joget DX sekarang telah tersedia secara umum sejak awal 2020 dan diakui di Forrester's Now Tech: Platform Pengembangan Kode Rendah Tujuan Umum, laporan Q1 2021. Joget DX menawarkan perpaduan unik antara kesederhanaan, fleksibilitas, dan keterbukaan untuk memberdayakan pengembang bisnis dan profesional untuk mengembangkan dan memelihara aplikasi perusahaan dengan cepat di era digitalisasi ini.


Versi Joget DX 7 saat ini telah menerima ulasan yang sangat positif, dijelaskan oleh pengguna kami sebagai "sederhana", "intuitif", "mudah digunakan" dan "kurva pembelajaran rendah". Di Joget, kami percaya bahwa kecepatan inovasi adalah kuncinya sehingga kami dengan cepat bergerak maju dengan rencana untuk rilis besar berikutnya, Joget DX 8.

Apa yang Baru Di Joget DX 8? Fokus pada Pengalaman Pengguna dan Tata Kelola
Berdasarkan umpan balik dari berbagai pengguna di komunitas kami, dan fakta bahwa pengembang bisnis non-teknis semakin merangkul platform kode rendah, fokus inti di Joget DX 8 adalah pada Peningkatan Pengalaman Pengguna (UX) dan Tata Kelola. Tujuannya adalah untuk membuat platform lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna dari berbagai kompetensi dan latar belakang, dan untuk lebih meningkatkan posisinya sebagai platform open source low-code terkemuka untuk pengembang bisnis.


Berikut ini adalah cuplikan beberapa kemajuan besar di Joget DX 8:





1. UX: Aplikasi Satu Halaman (SPA) dan Antarmuka Pengguna yang Lebih Responsif

Joget DX sudah mendukung kepatuhan Aplikasi Web Progresif (PWA) otomatis secara default. Untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna akhir, sekarang akan ada dukungan bawaan untuk Aplikasi Satu Halaman (SPA). SPA menampilkan konten halaman secara dinamis menggunakan JavaScript tanpa memuat ulang seluruh halaman, jadi keunggulan utamanya adalah kecepatan dan responsivitas UI. Membangun PWA dan SPA menggunakan metode pengembangan tradisional bukanlah hal yang sepele, tetapi Joget DX 8 akan membuatnya menjadi masalah drag-and-drop. Joget DX 8 akan menggabungkan tema baru yang indah yang secara otomatis mendukung SPA, bersama dengan dukungan untuk tata letak UI modern.



Antarmuka Pengguna Aplikasi Satu Halaman (SPA)



2. UX: Antarmuka Pengguna Dinamis dengan Komponen Halaman

Userview Builder memungkinkan pengembang untuk mendesain antarmuka pengguna front-end secara visual. Joget DX 8 memperluas ini dengan dukungan untuk Komponen Halaman yang memungkinkan pengembang untuk lebih lanjut
sesuaikan halaman individual untuk menyertakan beberapa formulir, daftar data, daftar proses, laporan, dan
lebih banyak komponen ke dalam satu halaman. Komponen juga dapat dikonfigurasi untuk mendengarkan dan memicu peristiwa secara dinamis di dalam halaman.



Komponen Halaman Tampilan Pengguna



Pengembang juga dapat menambahkan ubin informasi untuk ditampilkan secara relevan dan relevan
informasi untuk lebih meningkatkan dan mengatur informasi yang dikonsumsi oleh pengguna.



Ubin Informasi

3. UX: Tampilan Kartu dan Templat Daftar

Pembuat Daftar memungkinkan pengembang merancang dan menampilkan daftar data secara visual. Pembuat Daftar sekarang juga mendukung templat, memungkinkan presentasi visual yang berbeda. Selain format tabular standar (dengan dukungan untuk paging, sorting, dan filtering), Joget DX 8 akan memberikan opsi untuk menampilkan data menggunakan tata letak kartu atau daftar yang modern dan dapat disesuaikan.




Tampilan Kartu dan Templat Daftar



4. UX: Pembuat Visual yang Didesain Ulang Secara Intuitif

Joget DX menyediakan pembangun visual untuk mengembangkan komponen aplikasi, misalnya formulir, daftar, UI, proses, laporan, API, dan lainnya. Untuk mengurangi beban kognitif yang berlebihan, Joget DX 8 secara mendasar telah mendesain ulang pembuatnya untuk meminimalkan kebutuhan akan banyak jendela dan tab.



Pembuat Formulir yang Didesain Ulang



Ada Komposer Aplikasi baru yang menggabungkan semua komponen aplikasi menjadi satu tampilan. Semua pembuat juga dibuat lebih konsisten dan ramping, dengan bilah Navigasi Cepat yang memungkinkan peralihan cepat antar komponen aplikasi.



Komposer Aplikasi




Bilah Navigasi Cepat beraksi



Pembuatnya juga sekarang menyediakan tampilan faktor bentuk perangkat yang berbeda untuk desktop, tablet, dan seluler, bersama dengan pratinjau langsung yang disematkan.



Tampilan Faktor Bentuk Perangkat



5. UX: Editor Properti yang Disempurnakan untuk Peningkatan Produktivitas

Sebagai bagian dari desain ulang, editor properti untuk setiap pembangun telah ditingkatkan untuk produktivitas. Editor properti sekarang dapat diperluas dengan properti yang dapat dicari.



Editor Properti yang Ditingkatkan



Editor properti sekarang juga menawarkan penyeleksi untuk ikon, warna, dan gaya, sehingga memudahkan gaya elemen tanpa pengkodean.



Pemilih Gaya di Editor Properti

6. UX: Asisten Properti untuk Variabel Hash

Variabel hash adalah kata kunci atau ekspresi yang dapat digunakan untuk menampilkan data dinamis dalam aplikasi. Mereka kuat, tetapi dapat mengintimidasi pengembang bisnis, atau rumit bagi pengembang profesional. Faktanya, “variabel hash” merupakan sumber yang paling banyak dicari di basis pengetahuan Joget. Untuk meringankan kesulitan ini, Joget DX 8 sekarang menyediakan Asisten Properti bawaan, yang merupakan panduan popup untuk membantu merumuskan variabel hash langsung di dalam pembangun.



Asisten Properti



Property Assistant juga dirancang agar dapat dicolokkan, sehingga plugin dapat dikembangkan dan diinstal di masa mendatang untuk mendukung ekspresi atau bahasa lain yang berbeda juga, misalnya ekspresi reguler atau SQL.

7. UX: Desain dan Pemetaan Proses Terintegrasi

Sebagai bagian dari desain ulang builder, kegunaan Process Builder telah ditingkatkan dengan mengintegrasikan konfigurasi proses (misalnya peserta, aktivitas, dan pemetaan alat) di dalam Process Builder itu sendiri, alih-alih layar konfigurasi terpisah di versi sebelumnya.



Desain dan Pemetaan Pembangun Proses Terintegrasi

8. Tata Kelola: Laporan Pemeriksaan Kesehatan dan Peringatan

Ketika platform kode rendah menjadi lebih umum, kebutuhan akan tata kelola menjadi semakin penting dalam lingkungan perusahaan. Menyadari kebutuhan ini, Joget DX 8 akan memberikan pemeriksaan kesehatan tata kelola otomatis dan peringatan untuk membantu kepatuhan di area perusahaan yang penting seperti keamanan, kinerja, dan kualitas aplikasi. Sesuai dengan perluasan platform Joget, pemeriksaan kesehatan dapat dicolokkan sehingga tata kelola dan aturan kepatuhan yang lebih maju atau disesuaikan dapat dipasang dengan mulus nanti.



Laporan Pemeriksaan Kesehatan Tata Kelola

9. Tata Kelola: Audit Kinerja

Kinerja adalah area penting untuk platform aplikasi apa pun, dan sementara Joget sudah menawarkan fitur Manajemen Kinerja Aplikasi (APM) bawaan, memiliki audit dan peringatan tentang kesehatan aplikasi dan platform secara keseluruhan akan memungkinkan pengembang dan administrator untuk secara proaktif menemukan potensi masalah kinerja . Secara default, Joget DX 8 akan menyertakan pemeriksaan penggunaan CPU dan memori, serta waktu respons dan pemanfaatan koneksi database. Ini akan membantu mengidentifikasi potensi kemacetan dan kebocoran sumber daya.



Pemeriksaan Kesehatan Kinerja

10. Tata Kelola: Audit Penjaminan Mutu

Area penting lainnya dalam platform aplikasi adalah keseluruhan aplikasi dan kualitas proses. Joget DX 8 akan menyertakan pemeriksaan untuk mendeteksi tingkat kesalahan yang sangat tinggi, serta integritas data untuk proses yang berjalan di platform. Juga akan ada pemeriksaan konvensi penamaan, untuk membantu meningkatkan pemeliharaan aplikasi yang telah dikembangkan dan disebarkan.



Pemeriksaan Kesehatan Jaminan Kualitas



11. Tata Kelola: Audit Keamanan

Joget sudah menyediakan banyak fitur keamanan siber bawaan, tetapi Joget DX 8 akan lebih meningkatkan keamanan platform dengan memasukkan audit keamanan dalam hal otentikasi pengguna, akses antarmuka pengguna, dan partisipasi proses.



Pemeriksaan Kesehatan Keamanan

Mulailah dengan Joget DX dan Tetap disini!

Kami harap Anda sama bersemangatnya dengan kami pada rilis platform generasi berikutnya yang akan datang ini.
Rilis Pratinjau Joget DX 8 ditargetkan untuk mitra dan pengguna terpilih pada Q1 2022. Nantikan, dan ikuti kami untuk berita dan pembaruan terbaru.

Post Top Ad