Belajar dari Mesin Capit: Permainan Anak yg Tak Bisa Ditaklukan! - Purwana Tekno, Software Engineer
    Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, Game, & Multimedia untuk Pemula...

Post Top Ad

Rabu, 17 Agustus 2022

Belajar dari Mesin Capit: Permainan Anak yg Tak Bisa Ditaklukan!

 



Hari gini setidaknya kita pasti pernah lah mencoba permainan satu ini, minimal ngeliat deh. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan mesin capit boneka, kalo di londo sana dikenal dengan nama claw machine, atau ufo catcher kalo di Jepang. Itu loh, mesin permainan yang tinggal masukin koin, terus gerakin mesin capitan pake joystick dan arahkan ke mainan yang kita ingin dapetin (biasanya sih boneka, makanya banyak yang bilang mesin capit boneka) lalu tekan tombol tangkap, dan berharap tuh mainan bisa kita jepit dan bawa pulang.

Tapi walopun kita sudah memposisikan capitan tersebut tepat diatas hadiah yang kita inginkan, dan kita sudah yakin kalo tuh capitan udah mencengkram hadiah kita sampe terangkat keatas, eh tetep aja kita gagal dapetin tuh hadiah. Seringnya sih tuh capitan gak mencengkram dengan kuat hadiah yang udah sukses kita angkat, sehingga tuh hadiah jatuh kembali.

Ternyata gan, salahnya bukan di kita, emang tuh mesin udah diatur sedemikian rupa biar kek gitu! (baca: "dicurangi"). Tapi emang gak asal "dicurangi", yah katakanlah "dicurangi secara cerdas" oleh mesin biar kita gak curiga.

Ternyata Capitan telah diprogram supaya bisa mencengkram kencang pada saat-saat tertentu saja!

Seperti yang saya kutip dari vox.com, banyak orang mungkin berpikir kalo susah dapetin boneka di mesin capit tersebut dikarenakan boneka-boneka yang ada di mesin tersebut disusun sangat rapat satu sama lain, sehingga sangat sulit mendapatkan celah yang sempurna untuk menjepit boneka-boneka atau hadiah yang ada disitu.

Tapi alasan sebenarnya ternyata cukup simpel, mesin tersebut sudah diprogram agar capitan memberikan kekuatan cengkram yang maksimal hanya di saat-saat tertentu saja!

Nih ada kutipan informasi penting dari buku manual salah satu mesin capit boneka yang terkenal di londo sana. Ini adalah kutipan informasi di halaman 8, bagian "Claw Strengh" atau "kekuatan cengkraman".

Pemilik mesin bisa mengatur kekuatan cengkram dari mesin jepit sehingga capitan tersebut bisa memberikan cengkraman yang kuat hanya beberapa saat saja ketika dimainkan. Biar bikin pemain geregetan lah.

Pemilik mesin juga bisa mengatur "dropping skill" dari capitan tersebut. Maksudnya adalah, mesin capit bisa menjatuhkan hadiah yang telah dijepit sesaat sebelum hadiah tersebut sukses diantarkan ke lubang tempat menjatuhkan hadiah. Ngasih harapan palsu gitu biar kita penasaran untuk nyobain terus. 

Mesin capit boneka juga bisa diatur agar sang pemilik bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan dengan cara menyesuaikan kekuatan jepitan/cengkraman mesin tersebut sehingga pemain hanya bisa menang setelah beberapa kali mencoba. Simak dibawah penjelasannya....
Contoh setting profit yang diprogram ke mesin sesuai keinginan si pemilik pake rumus ini.

B x (100% + C) / A = D

Contoh itung-itungannya, misal kita mau profit 50%:

A = Biaya koin sekali main = 10 rebu (contoh)
B = Harga Hadiahnya (Boneka) = 150 rebu (contoh aja)
C = Profit = 50% (aje gile, 50% profit nya!, bisa lebih pulak)
D = Menang setelah main X kali

Maka:

150 x (1 + 0,5) / 10 = 22,5

Jadi kalo sang pemilik mau profit 50%, kekuatan penuh cengkraman akan diberikan capitan setelah 23 kali permainan. Gampangnya, kita baru bisa sukses dapetin tuh hadiah setelah 23 kali percobaan, dihitung semenjak keberhasilan terakhir.

Tapi hebatnya lagi, untuk menghindari pola yang bisa ditebak oleh pemain, ada juga fitur pemilihan urutan secara acak untuk kekuatan penuh cengkraman yang enggak melulu di giliran ke 23. Mesin ini bisa mengambil range di +/- 5 kali giliran main dengan basis sama 23 kali, yaitu diantara range percobaan/giliran ke 18 - 28.

Penjelasannya gini, angka atau giliran yang sama tidak akan dipilih kembali sebelum semua kemungkinan giliran tersebut habis. Misal, kita dapet hadiah nih setelah percobaan ke-18 secara kekuatan cengkraman secara penuh kebetulan ada di giliran tersebut. Tetapi untuk selanjutnya, kekuatan cengkraman secara penuh tersebut gak bakal dikasih lagi digiliran ke-18, bisa aja digiliran ke-28 setelah hadiah terakhir didapat pemain, setelah itu bisa aja dipercobaan/giliran ke-25 setelah sukses terakhir, dan seterusnya. Pokoknya gak pernah sama sampe tuh semua giliran kemungkinannya habis (di range 18 - 28 kali setelah sukses terakhir), intinya supaya jaga profit di 50% tadi dan supaya keliatan acak polanya.

Dan asal kawan - kawan tau, ini gak hanya berlaku pada mesin capit boneka dari pabrikan yang sama, ini adalah merupakan standar practice dari industri mesin capit boneka dan semacamnya yang digunakan secara luas di seluruh dunia lho!

Kesimpulannya cuma satu, yang jelas si pemilik pasti untung, karena segala kerugian ditanggung pemain. Pantes aja tekor terus kalo maen ginian... 




comment by kaydj84► 

Numpang komen ya gan...

Nih pengalaman pribadi karna ane 3 tahun kerja di tempat mainan f*n w*rld sebagai teknisi

Jadi itu mesin emang bisa di seting via main board dalem nya...

Ane jelasin secara teknis
Mesin nya di setting dengan cara rasio atau perbandingan contoh nya biasa paling umum 1:20
Yang di set itu kekuatan capitan nya

Jadi pada saat game ke 20 dari mesin nyala kekuatan capit atau claw nya dalam ke adaan peak power dan 90% agan pasti dapat tuh boneka

Jadi kalo mau pake analisa atau trick apapun kaya posisi boneka,posisi capitan mah ga bakalan ngaruh kalo belom pas di akhir perbandingan set nya

Kecuali mesin nya eror atau teknisi nya salah setting
Soal nya ane pernah salah setting baru 2 jam di isi full boneka nya udah abis ama anak kecil alhasil kena semprot ama spv ane
Hhehhe

Post Top Ad