Bagaimana Citizen Development Mendisrupsi Manajemen Proyek? - Purwana Tekno, Software Engineer
    Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, Game, & Multimedia untuk Pemula...

Post Top Ad

Rabu, 17 Agustus 2022

Bagaimana Citizen Development Mendisrupsi Manajemen Proyek?






Manajer Proyek memainkan peran kunci dalam seluruh siklus hidup manajemen proyek. Mereka terlibat erat dalam semua tahap yang meliputi konsepsi dan inisiasi, perencanaan, peluncuran dan pelaksanaan proyek, sambil memastikan mereka selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dalam ruang lingkup dan dengan kualitas. Citizen Development, tren perusahaan yang berkembang pesat, berjanji untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi manajer proyek dengan membuat pengembangan aplikasi lebih cepat dan lebih murah.

1. Apa itu Citizen Development?

Selama beberapa dekade, pengembangan aplikasi telah berada di ruang kemudi pengembang IT profesional. Mempertimbangkan tuntutan bisnis yang semakin kompetitif, satu-satunya cara bagi perusahaan untuk tetap bertahan adalah dengan meningkatkan kapasitas bisnis dan mempercepat kecepatan pengiriman tanpa meningkatkan biaya.

Mengingat lanskap bisnis saat ini terus berkembang, bergerak maju akan membutuhkan seperangkat alat baru yang dapat secara efektif menyelesaikan tantangan digitalisasi yang dihadapi organisasi selama bertahun-tahun. Untuk mengisi celah itu, Citizen Development, disingkat CD, membuka jalan bagi pengguna bisnis non-teknis, juga dikenal sebagai Citizen Developers, untuk membangun aplikasi perusahaan secara visual dalam lingkungan yang modern, fleksibel, dan mudah digunakan, dengan menggunakan Platform kode rendah/tanpa kode (LCNC) yang disetujui IT. Project Management Institute (PMI) mendefinisikan Citizen Developers sebagai seseorang yang dapat membangun aplikasi tanpa pengetahuan coding, tetapi biasanya dengan dukungan IT.

Karena Citizen Development menjadi hal besar berikutnya dalam lanskap yang berubah, tidak diragukan lagi akan meningkatkan efisiensi alur kerja untuk memungkinkan perusahaan memberikan lebih banyak dengan biaya lebih rendah.

Merangkul Gerakan Citizen Development





Menurut Project Management Institute (PMI), Citizen Development akan menjadi pengganggu norma baru ini dan banyak platform low-code/no-code sudah menunjukkannya dengan pelanggan dan mitra mereka. Dalam penggunaan di dunia nyata, LCNC membuktikan kemampuannya untuk mengurangi kompleksitas pengembangan aplikasi secara signifikan lebih cepat dengan biaya yang lebih murah. Sampai saat ini, banyak organisasi telah mulai merangkul Citizen Development dalam operasi mereka untuk merangsang perubahan yang cepat dan membangun jejak unik di masyarakat yang dapat menguntungkan produktivitas secara luas. Khususnya di dunia digital saat ini, low-code/no-code memainkan peran kunci dalam membantu bisnis memanfaatkan potensi tak terbatas yang ditawarkan ruang digital baru ini dan memicu inovasi dengan sangat mudah.

Dan itu mengarah ke pertanyaan berikutnya. Jika pengguna bisnis non-teknis melangkah keluar untuk memainkan peran penting dalam pengembangan aplikasi, bagaimana hal ini memengaruhi IT?

Aliansi Profesional IT-Citizen Developers

Karena low-code/no-code menggeser tren pengembangan aplikasi, menempatkan pemecahan masalah di tangan Citizen Developers yang paling memahami tantangan bisnis memungkinkan sisi bisnis organisasi berkembang dan berkembang tanpa memerlukan sumber daya IT yang ekstensif. Proyek dengan risiko yang relatif lebih rendah akan mempesona saat jatuh ke tangan Citizen Developers, yang akan meringankan beban berat tim IT mereka. 




Profesional IT, yang sekarang memiliki backlog yang berkurang untuk ditangani, akan dapat secara fungsional tetap fokus pada kompetensi inti mereka dengan proyek tingkat tinggi, kompleks, dan berani yang menggunakan pengetahuan domain dan keterampilan teknis mereka.

2. Bahan Ajaib untuk Manajer Proyek: Citizen Development

Manajer Proyek, bersama dengan sponsor dan/atau pemrakarsa, membantu tim manajemen proyek memahami nilai bisnis dan peran yang diharapkan dari masing-masing pihak. Membangun saling pengertian dan kerja sama dalam tim, Manajer Proyek adalah tempat terbaik untuk mengawasi dan mengidentifikasi hambatan potensial yang mungkin menghalangi proyek untuk bergerak maju, mengingat mereka telah secara aktif terlibat dalam proses inisiasi, perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan yang sedang berlangsung. sejak awal proyek.

Sangat sering, hambatan ini akan memiliki dampak yang signifikan pada siklus hidup proyek, mengakibatkan penundaan waktu yang sangat besar, pembengkakan biaya dan bahkan kegagalan proyek. Untuk menghindari masalah yang semakin rumit saat terjadi, Citizen Development adalah obat untuk membalikkan keadaan dan mencapai keseimbangan antara tiga kendala, atau segitiga besi manajemen proyek, yaitu waktu, ruang lingkup, dan biaya. Mengubah salah satu kendala ini tidak diragukan lagi akan berdampak pada dua faktor lainnya, oleh karena itu sangat penting untuk menerapkan perubahan kecil sekalipun secara adil dan seimbang.

Segitiga Besi Manajemen Proyek

Bayangkan jika Manajer Proyek memutuskan untuk memperluas cakupan proyek dalam kerangka waktu yang ditentukan. Biaya mungkin akan meroket sebagai akibat dari sumber daya tambahan, tenaga kerja, peralatan, dan barang-barang lain yang perlu diperoleh segera.

Sebaliknya, pengurangan waktu yang signifikan akan menghasilkan pekerjaan yang terburu-buru, yang dapat menyebabkan kualitas proyek menurun tanpa memenuhi ruang lingkup yang ditetapkan ketika proyek selesai. Pengurangan biaya yang drastis, di sisi lain, akan membatasi waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi ruang lingkup proyek dan akan berdampak pada kinerja keseluruhan tim proyek secara luas karena hal itu secara negatif mempengaruhi moral dan komitmen tim.

Bagaimana Citizen Development Menjaga Weighing Scale Balanced?

Untuk menjaga keseimbangan timbangan segitiga besi manajemen proyek, Citizen Development berfungsi sebagai bahan ajaib untuk mengimbangi tantangan bisnis dan menjaga kelancaran aliran di seluruh siklus hidup manajemen proyek penuh. Hal ini memungkinkan proyek diselesaikan dengan biaya lebih rendah dalam waktu yang lebih singkat, sambil tetap dapat memenuhi ruang lingkup proyek dan mempertahankan kualitas. Karena kode rendah/tanpa kode mendorong kolaborasi yang kuat antara bisnis dan tim IT, Manajer Proyek akan dapat meningkatkan momentum siklus hidup proyek mereka saat mereka mengandalkan Pengembang Warga untuk membangun solusi berorientasi bisnis untuk menyelesaikan masalah dunia nyata, sementara para profesional IT terus menghadirkan pengetahuan teknis dan keterampilan pengkodean mereka yang mendalam.




Raveesh Dewan, Chief Executive Officer di Joget, Inc. mengatakan bahwa, “Kami percaya Manajer Proyek yang memanfaatkan Citizen Development selama fase konseptualisasi dan ide, dapat mengubah nasib proyek untuk memastikan prediktabilitas dan kesuksesan yang lebih besar.”

Sangat sering, bisnis tidak dapat sepenuhnya membayangkan dan mengkonseptualisasikan proyek mereka, yang pada akhirnya akan menyebabkan penundaan dan perubahan pada tahap selanjutnya, sehingga memengaruhi ruang lingkup, biaya, dan waktu awal. Berkat munculnya Citizen Development, Manajer Proyek sekarang dapat mewujudkan prototipe, membantu bisnis untuk membuat ide dan menghasilkan kejelasan yang lebih besar tentang cakupan untuk pengiriman yang dapat diprediksi.

Dengan manfaat menyeluruh yang ditawarkan oleh metodologi low-code/no-code, tidak diragukan bahwa Citizen Development akan menjadi katalis untuk gelombang revolusi digital berikutnya karena menciptakan bahasa yang sama antara pakar bisnis non-teknis dan profesional IT berpengalaman, dan membantu Manajer Proyek untuk berperan penting dalam menciptakan nilai bisnis yang luar biasa dan mendorong hasil yang nyata.

3. 5 Manfaat Citizen Development yang Mempercepat Digitalisasi

Menurut survei Gartner tentang Citizen Development, 41% responden memiliki inisiatif Citizen Development yang aktif, sementara 20% dari mereka yang tidak memilikinya, sedang mengevaluasi atau berencana untuk mengikuti gerakan Citizen Development. Ini lebih dari sekadar kata kunci; ini adalah pengubah permainan yang akan sangat mengubah cara kita dulu beroperasi dan pada akhirnya akan menjadi elemen yang diperlukan dalam setiap proyek pengembangan aplikasi.

  1. Waktu Pengembangan Lebih Cepat dengan Anggaran Lebih Sedikit
    • Bisnis bergerak dengan kecepatan pemikiran. Begitu juga dengan pengembangan aplikasi. Citizen Development menawarkan kerangka kerja yang intuitif dan ramah pengguna yang memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat mewujudkan ide mereka dengan kode rendah/tanpa kode dan membangun aplikasi hingga 10 kali lebih cepat daripada pengkodean tradisional dengan pengurangan biaya. Pada akhirnya, lebih sedikit waktu dan anggaran yang diperlukan untuk menghidupkan aplikasi perusahaan karena membebaskan sumber daya dan memecahkan hambatan teknologi. Citizen Development melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menyediakan platform ide dan konseptualisasi yang tak tertandingi, di mana ia memberdayakan bisnis dan Manajer Proyek untuk menetapkan cakupan, harapan, dan validasi ide yang lebih baik untuk mengidentifikasi potensi kemacetan sebelumnya.
  2. Fleksibel dan Mudah Digunakan
    • Berfungsi sebagai agen perubahan untuk bagaimana organisasi biasanya melakukan pengembangan aplikasi, Citizen Development memecah bagian-bagian rumit dari pembangunan aplikasi menjadi bagian-bagian yang mudah, sederhana, dan intuitif yang memungkinkan perusahaan melakukan lebih banyak dengan sedikit usaha. Dengan pengalaman pelanggan memainkan peran kunci dalam lanskap bisnis saat ini, fleksibilitas meletakkan dasar bagi organisasi untuk tetap kompetitif dan menghadapi tantangan kompleks sambil menurunkan hambatan pengembangan aplikasi. Citizen Development memungkinkan perusahaan menjadi lebih fleksibel dalam menyesuaikan fitur dan fungsi yang beradaptasi dengan kebutuhan bisnis mereka dan memfasilitasi perubahan langsung dengan lingkungan yang tangkas.
  3. Tingkatkan Produktivitas IT Bisnis dengan Hyper-Agility
    • Citizen Development berdampak pada organisasi secara luas dengan meningkatkan produktivitas dan kelincahan kerja dari sisi bisnis dan IT dari tim proyek. Dengan keahlian industri yang luas dan pemahaman yang kuat tentang tren pasar terbaru, pakar bisnis non-teknis akan dapat dengan cepat membangun solusi perusahaan yang berpusat pada pelanggan yang memenuhi tuntutan dunia nyata, membebaskan waktu tim IT untuk fokus pada produk inti pengembangan dan menyediakan keamanan, kepatuhan, keandalan, dan kinerja yang diperlukan untuk mendukung penyebaran cepat solusi baru.
  4. Break Down Silos dengan Peningkatan Transparansi 
    • Silo bisnis dan IT telah terlalu lama menghantui perusahaan. Berkat munculnya Citizen Development, tim dari berbagai departemen, bidang keahlian, dan geografi tidak lagi harus hidup dalam silo ini, karena mereka diberdayakan untuk bersatu dan berkolaborasi dalam membangun solusi inovatif dan menghasilkan hasil yang berkelanjutan. Ini membantu merampingkan proses dalam manajemen proyek sambil meningkatkan transparansi di antara para pemangku kepentingan.
  5. Mempercepat Transformasi Digital
    • Untuk tetap menjadi yang terdepan dalam transformasi digital, kesederhanaan, kecepatan, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas adalah yang paling penting, dan itulah tepatnya yang ditawarkan oleh Citizen Development. Karena dunia bisnis saat ini bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi, sangat penting bagi organisasi untuk memanfaatkan ruang digital ini dengan kode rendah/tanpa kode dan meraih peluang pertumbuhan baru.
Singkatnya, Citizen Development membangun ekosistem unik yang menghubungkan berbagai sisi tim proyek ke dalam satu arena. Ini memacu digitalisasi dan memungkinkan organisasi untuk memperluas cakrawala mereka melampaui batas pengembangan aplikasi tradisional, yang membantu Manajer Proyek untuk memberikan hasil yang luar biasa dalam proyek pengembangan aplikasi.

Post Top Ad