Surah ar ra'd Ayat 11 dan Terjemahannya - Purwana Tekno, Software Engineer
    Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, Game, & Multimedia untuk Pemula...

Post Top Ad

Rabu, 15 Maret 2023

Surah ar ra'd Ayat 11 dan Terjemahannya

 Surah Ar-Ra'd adalah surah ke-13 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 43 ayat dan merupakan salah satu surah Madaniyah. Surah ini dinamakan Ar-Ra'd yang berarti guruh, karena di dalamnya terdapat ayat-ayat yang menyebutkan tentang guruh dan petir. Surah ini juga membahas tentang kebesaran Allah, tanda-tanda kekuasaan-Nya, dan perintah-perintah-Nya.


Salah satu ayat yang terdapat di dalam Surah Ar-Ra'd adalah ayat ke-11. Ayat ini berbunyi sebagai berikut:


"Allah mengubah keadaan suatu kaum, apabila mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan sekali-kali Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra'd: 11)


Ayat ini mengandung beberapa pesan penting yang dapat diambil sebagai pelajaran bagi kita. Dalam terjemahan ayat tersebut, Allah mengatakan bahwa Dia akan mengubah keadaan suatu kaum jika mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa Allah akan memberikan hasil yang sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Jika kita berusaha untuk memperbaiki diri kita sendiri, maka Allah akan memberikan perubahan yang positif dalam hidup kita.


Namun, jika kita tidak berusaha untuk memperbaiki diri kita sendiri, maka Allah tidak akan memberikan perubahan yang positif dalam hidup kita. Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum jika mereka tidak berusaha untuk mengubah keadaan diri mereka sendiri. Ini menunjukkan bahwa Allah tidak akan merubah keadaan hidup seseorang secara tiba-tiba tanpa usaha dari diri sendiri.


Ayat ini juga mengandung pesan bahwa Allah memiliki kuasa untuk memberikan keburukan pada suatu kaum jika Dia menghendaki. Namun, Allah tidak akan memberikan keburukan tersebut jika suatu kaum berusaha untuk memperbaiki diri mereka sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Allah memberikan kesempatan bagi manusia untuk memperbaiki diri dan menghindari keburukan yang mungkin terjadi.


Ayat ini juga mengajarkan tentang konsep taqdir (takdir) dalam Islam. Taqdir merujuk pada kepercayaan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita telah ditetapkan oleh Allah sejak awal. Namun, taqdir tidak berarti bahwa manusia tidak memiliki kebebasan untuk melakukan pilihan dan bertindak dalam hidupnya.


Dalam konteks ayat ini, taqdir dapat diartikan sebagai keputusan Allah untuk memberikan perubahan atau keburukan pada suatu kaum. Namun, manusia masih memiliki kebebasan untuk memilih untuk berusaha memperbaiki diri mereka sendiri atau tidak. Jadi, meskipun taqdir telah ditetapkan oleh Allah, manusia masih memiliki tanggung jawab untuk bertindak dan berusaha.

Post Top Ad