Az-Zumar Ayat 39, Terjemahan, dan Tafsir - Purwana Tekno, Software Engineer
    Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, Game, & Multimedia untuk Pemula...

Post Top Ad

Selasa, 14 Maret 2023

Az-Zumar Ayat 39, Terjemahan, dan Tafsir

Ayat 39 dari Surah Az-Zumar dalam Al-Quran adalah sebagai berikut: "Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui,"


Ayat ini menekankan pentingnya kepercayaan dan keyakinan terhadap rahmat Allah. Dalam ayat ini, Allah mengajak hamba-hamba-Nya yang melampaui batas dalam dosa dan kesalahan untuk tidak berputus asa dari rahmat-Nya.


Dalam terjemahan ayat ini, kita dapat melihat bahwa Allah menunjukkan sifat-Nya sebagai Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ini menunjukkan bahwa meskipun hamba-Nya melakukan kesalahan dan dosa, Allah senantiasa siap untuk memberikan pengampunan dan kasih sayang-Nya.


Tafsir dari ayat ini adalah bahwa Allah mengingatkan hamba-Nya untuk selalu berpaling kepada-Nya dalam segala hal, termasuk dalam menghadapi kesalahan dan dosa. Allah ingin menunjukkan bahwa Dia tidak akan meninggalkan hamba-Nya yang beriman dan selalu berusaha untuk kembali ke jalan yang benar.


Ayat ini juga menunjukkan bahwa Allah menginginkan hamba-Nya untuk tidak berputus asa dalam mencari rahmat-Nya. Allah menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan mudah melakukan kesalahan, namun jika kita selalu berpaling kepada-Nya dan mengikuti ajaran-Nya, maka Allah akan senantiasa memberikan bantuan dan pengampunan-Nya.


Dalam konteks kehidupan sehari-hari, ayat ini juga dapat diartikan sebagai pengingat untuk selalu memperbaiki diri dan menghindari perilaku yang melampaui batas. Jika kita melakukan kesalahan, kita harus selalu siap untuk meminta maaf kepada orang yang telah kita sakiti, serta kembali pada jalan yang benar.


Kesimpulannya, ayat 39 dari Surah Az-Zumar adalah pengingat penting bagi hamba-hamba Allah untuk selalu berpaling kepada-Nya dalam segala hal, termasuk dalam menghadapi kesalahan dan dosa. Allah selalu siap memberikan pengampunan dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya yang beriman dan selalu berusaha untuk kembali ke jalan yang benar. Ayat ini juga mengajarkan pentingnya untuk selalu memperbaiki diri dan menghindari perilaku yang melampaui batas.

Post Top Ad