Bash Shell Manual : Pipa Pipelines - Purwana.Net
  Media Belajar membuat Software Aplikasi, Website, & Game untuk Pemula...

Post Top Ad

Selasa, 12 Desember 2017

Bash Shell Manual : Pipa Pipelines

Pipelines


Pipa(pipeline) adalah urutan satu atau lebih perintah yang dipisahkan oleh salah satu operator kontrol '|' atau '| & '.

Format untuk pipeline adalah


[time [-p]] [!] command1 [| or | & command2] ...


Output dari setiap perintah dalam pipa dihubungkan melalui pipa ke input dari perintah berikutnya. Artinya, setiap perintah membaca output perintah sebelumnya. Sambungan ini dilakukan sebelum pengalihan yang ditentukan oleh perintah.

Jika '| &' digunakan, error standar perintah1, selain output standarnya, terhubung ke input standar command2 melalui pipa; itu adalah singkatan untuk 2> & 1 |. Pengalihan implisit kesalahan standar pada keluaran standar dilakukan setelah pengalihan yang ditentukan oleh perintah.

Waktu kata yang dicadangkan menyebabkan statistik waktu dicetak untuk pipa setelah selesai. Statistik saat ini terdiri dari waktu jam dan pengguna dan waktu sistem yang telah berlalu yang dikonsumsi oleh eksekusi perintah. Opsi -p mengubah format output yang ditentukan oleh POSIX. Saat shell berada dalam mode POSIX (lihat Bash POSIX Mode), ia tidak mengenali waktu sebagai kata yang dicadangkan jika token berikutnya dimulai dengan '-'. Variabel TIMEFORMAT dapat diatur ke format string yang menentukan bagaimana informasi waktu harus ditampilkan. Lihat Bash Variables, untuk deskripsi format yang tersedia. Penggunaan waktu sebagai kata reserved memungkinkan waktu pembuatan shell, fungsi shell, dan jaringan pipa. Perintah waktu eksternal tidak dapat memanfaatkannya dengan mudah.

Saat shell berada dalam mode POSIX (lihat Bash POSIX Mode), waktu bisa diikuti oleh newline. Dalam kasus ini, shell menampilkan total waktu pengguna dan sistem yang dikonsumsi oleh cangkang dan anak-anaknya. Variabel TIMEFORMAT dapat digunakan untuk menentukan format informasi waktu.

Jika pipa tidak dieksekusi secara asinkron (lihat Daftar), shell menunggu semua perintah di dalam pipa untuk menyelesaikannya.

Setiap perintah dalam pipa dieksekusi di subkulitnya sendiri (lihat Lingkungan Pelaksanaan Perintah). Status keluar dari pipa adalah status keluar dari perintah terakhir dalam pipa, kecuali opsi pipefail diaktifkan (lihat The Set Builtin). Jika pipefail diaktifkan, status pengembalian pipa adalah nilai dari perintah terakhir (paling kanan) untuk keluar dengan status non-nol, atau nol jika semua perintah berhasil keluar. Jika kata yang dicadangkan '!' Mendahului pipa, status keluar adalah negasi logis dari status keluar seperti dijelaskan di atas. Shell menunggu semua perintah dalam pipa untuk mengakhiri sebelum mengembalikan nilai.

Post Top Ad